Sambut Hari Sampah Nasional, Komunitas Bromo Lover Bersih-bersih Pantai Duta

Selasa, 21 Februari 2017 13:27


(ist)

CSR.id - Komunitas Bromo Lover bersama tim Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, terlihat memunguti sampah yang berserakan di Pantai Duta, Paiton, Selasa (21/2/2017) pagi. Aksi ini dilakukan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).


Sebelum aksi bersih-bersih sampah di pinggir pantai dilakukan, relawan Bromo Lover dan Tagana, menginap di sekitar area Pantai Duta. Aksi itu sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan dan alam sekitar terutama dari jenis sampah anorganik.


Kegiatan yang dilakukan pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB, selain memungut sampah, juga dilakukan pemilahan sampah organik dan an organik hingga pengumpulan sampah. Selain itu juga dilengkapi dengan sosialisasi tentang sampah. Untuk sampah ranting yang kering, mereka langsung membakarnya. Sedangkan untuk sampah organik dikumpulkan dan dibuang di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).


Menurut Ketua Komunitas Bromo Lever Kabupaten Probolinggo, Teguh Wibowo aksi tersebut merupakan agenda bersama yang juga dilaksanakan banyak kota lain di Indonesia.


"Ini sebagai wujud keprihatinan dan aksi nyata dalam penanganan sampah,"kata Teguh, usai melakukan aksi bersih-bersih sampah.


Teguh mengatakan, aksi bersih-bersih di Patai Duta belum pernah dilakukan, ini merupakan kali pertama. Kali ini, kata Teguh, dari komunitas Bromo Lover melibatkan 30 orang dan puluhan tim dari Tagana, yang sehari sebelumnya sama-sama bermalam mendirikan tenda di Pantai Duta.


Sementara Siti Sholeha, salah satu pengunjung Pantai Duta mengaku sangat mendukung adanya aksi bersih-bersih sampah. Apalagi di tempat wisata. Sisi lain memberi contoh dan kesadaran terhadap setiap pengunjung wisata dimapun berada.


"Sangat salut dengan aksi membersihkan sampah ini, selain sangat bermanfaat, aksi semacam ini layak di contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat itu sendiri, dengan ini masyarakat menjaga kebersihan dimana ia berada," ujarnya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Pemerintah Kota Batam Bangun Taman Kota Melalui CSR
Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan Pada Anak
PLN Lestarikan Pantai Panjang
Persis Sukabumi Galang Dana Untuk Rohingya
Aston Imperial Bekasi Sumbangkan 300 Bibit Pohon

Please login for commentKomentar
ata
Bersih - bersih disekitar Bromo ini tentu akan berarti sekali jika bisa tetap dijaga oleh pengunjung yang datang kesana juga , supaya tempat - tempat wisata yang indah ini tidak hanya tinggal kenangan
mama
Gunung Bromo tempat yang indah dan sejuk terkadang banyak sampah dari pelancong yang membuang sampah sembarangan. sebagai pecinta Bromo pastinya prihatin akan hal ini, makanya mereka melakukan kegiatan ini
Linda
kalau semua orang tidak buang sampah sembarangann tentu laut dan lingkungan akan terlihat bersih.
awil
kalo bromo bersih dari sampah, pengunjung akan betah berwisata di sana
Jaebum
JKalau bisa jangan cuma pas acara seremonial seperti ini aja dilakukan namun setiap saat ya
lily
luar biasa masih ada yang peduli akan kebersihan lingkungan
Marsim
ini kegiatan yg sangat bagus,dan kegiatan seperti ini perlu di dukung semua pihak
rasarasa
banga dengan komunitas bromo lover yang dengan banganga membersihkan sampah agar pengunjung yang lain nyaman
emma
kayaknya engga semua daerah nih yg menyambuy hari sampah nasional, malah baru tau beritanya
kevin
ada ya hari sampah nasional yang kegiatannya membersihkan sampah dan bebas dri sampah. seharusnya gak cuma sehari aja dong masa besoknya udah kotor lagi bau lagi banjir lagi

Event

Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
Year End Sale27 November 2017 - 03 Desember 2017
Global Career and Education Fair25 November 2017 - 25 November 2017
Pelatihan Automasi Mesin Industri25 November 2017 - 25 November 2017
+ index