Ratusan Prajurit TNI AU Hijaukan Hutan

Rabu, 25 Oktober 2017 9:06


(ist)

CSR.id - Ratusan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang bermarkas di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abdulrachman Saleh Malang, bergerak menghijaukan hutan di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Untuk diketahui, hutan di kawasan desa tersebut mulai gundul., sehingga bisa memicu terjadinya bencana longsor dan banjir yang membahayakan keselamatan jiwa penduduk desa. "Kami ingin hutan ini lestari, untuk kehidupan kita semua," ujar Komandan Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang Marsekal Pertama (Marsma) TNI Julexi Tambayong, Selasa (24/10/2017).


Prajurit TNI AU berbaur bersama masyarakat desa melaksanakan penghijauan. Julexi menyatakan, gerakan penghijauan ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Selain sebagai produsen oksigen, tumbuhan yang ditanam juga menjadi pencegah bencana banjir dan longsor, serta menjaga kelestarian sumber air.


Selain melaksanakan kegiatan penghijauan hutan, para prajurit TNI AU juga melakukan bakti sosial berupa pemberian bantuan kebutuhan pokok untuk masyarakat untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat desa yang kurang mampu.


Komandan Wing 2 Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang Kolonel Pnb. Hermawan Widhianto menyebutkan, ada 200 prajurit TNI AU yang terlibat dalam kegiatan penghijauan ini. Luas lahan yang dihijauan mencapai 4 hektare. Bibit pohon yang ditanam sebanyak 3.010 batang.


Menurutnya, penghijauan ini bertujuan mengembalikan kondisi hutan di Desa Kemiri, sehingga bisa menjadi tempat berlindungnya berbagai macam satwa. "Apabila penghijauan ini bisa terus dijaga, maka satwa-satwa liar di hutan juga akan terlindungi karena memiliki habitat untuk hidup."


Kepala Desa Kemiri Wiyono menyatakan, kegiatan bersama prajurit TNI AU ini sudah beberapa kali digelar di wilayah desanya. "Kami masyarakat desa sangat terbantu dengan kegiatan bakti sosial para prajurit TNI AU. Penghijauan ini sangat penting bagi kami, karena bisa menjaga kelestarian sumber mata air," ujarnya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Rayakan HUT Ke-10, RS Siloam Asri Gelar Aksi Sunatan Massal
PT. KSEI Serahkan Bantuan Komputer Kesejumlah Sekolah di bantul
Pengelolaan Dana CSR Tahun 2018, PT Semen Padang Fokus Pemberdayaan Masyarakat
Komunitas Suzuki GSX Club Indonesia Salurkan Donasi ke Perbatasan Negara
Pemerintah Kota Batam Bangun Taman Kota Melalui CSR

Please login for commentKomentar
Nonaka
kegitan yang sangat baik sekali di lakukan oleh para prajurit TNI AU, seharus nya kita sebagai warga negara indonesia malu melihat hal yang telah di lakukan para prajurit ini
princess
tujuan hijaukan hutan kan baik, biar udara bersih lagi, kalau bsia jauhkan dari orang2 yg tdk bertanggung jwb yg hoby nya nebang pohon dan bakar hutan deh
mama
Kalau TNI dari dulu selalu membantu warga dalam berbagai hal , termasuk pelestarian alam
xx
hutan memang perlu untuk di jaga, jangan hanya tni saja yang melakukan, masyarakat juga harus ikut andil
Renny
begini dong banyak kegiatannya, jadi kita juga lihat lingkungan jadi enak adem udaranya seger. -r-
emma
aksi dr ratusan prajurit TNJ AU yg sangat bagus, keperdulian mereka thd lingkungan sekitarnya..bencana longsor skrng ini memang sering terjadi, terutama di daerah2 rawan longsor

Event

Batik, Fashion & Craft Bandung Geulis 201720 Desember 2017 - 24 Desember 2017
STIKES ‘Aisyiyah Surakarta Job Fair 201720 Desember 2017 - 20 Desember 2017
Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
+ index