Kaumy DKI Jakarta Peduli Nasib Anak Penderita  Penyakit Jantung Bawaan

Kamis, 09 November 2017 13:45


(ist)

CSR.id - Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan struktur anatomi atau fungsi jantung dan atau pembuluh darah besar yang sudah ada sejak seorang manusia dilahirkan dan terapi defenitif yang bisa dilakukan hanya operasi korektif.


Indonesia merupakan salah satu Negara dengan rasio penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) yang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,8% dari angka kelahiran hidup di Indonesia sebanyak 4,5 Juta bayi. Artinya terdapat 8 dari 1000 bayi yang lahir di Indonesia menderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB).


Sedangkan untuk penanganan tindakan korektif penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) di Jakarta dalam hal ini di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) memiliki keterbatasan atas kuota fasilitas dan tenaga medis. Sehingga masyarakat harus antri hingga lebih dari satu tahun dari waktu pendaftaran.


Selain itu, lamanya proses recovery pasca tindakan korektif pada Penyakit Jantung Bawaan (PJB) membuat pasien dan keluarganya harus menyiapkan tempat tinggal dan biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pengobatan.


Hal ini tentu sangat memberatkan bagi masyarakat yang berasal dari luar Jabodetabek terlebih lagi bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang lemah.


Untuk itu, Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai suatu organisasi kealumnian yang memiliki anggota dari berbagai disiplin ilmu dan profesi mencoba memberikan sumbangsih nyata sebagai realisasi dari salah satu misi pengabdian dan pelayanan terhadap masyarakat.


Dengan tagline “KAUMY Peduli, Kita Berbagi” KAUMY DKI Jakarta, menggagas donasi yang selanjutnya akan diberikan kepada anak Penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dan para keluarga mereka yang saat ini sedang dirawat di RSJPDHK.


Secara umum, kegiatan KAUMY ini dibagi menjadi dua bagian, pertama, Funding Donasi dari para donator akan dilaksanakan mulai tanggal 1-30 November 2017. Kedua, Bakti Sosial yang akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 10 Desember 2017 di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK).


Nu’man Iskandar, Ketua Pengurus Daerah KAUMY DKI sebagai penanggung jawab kegiatan, mengatakan, kegiatan ini mendapat dukungan sederet artis nasional seperti Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Eko Patrio, Irvan Hakim, Ustadz Kasif Kheer, Make Me Power dan banyak artis lainnya. (suh)


Berita Terkait
Persis Sukabumi Galang Dana Untuk Rohingya
Aston Imperial Bekasi Sumbangkan 300 Bibit Pohon
Walikota Jakarta Utara Gencarkan Gerakan Menanam Sejuta Pohon
PLN Yogyakarta Lepasliarkan 250 Tukik di Pantai Trisik
Ratusan Prajurit TNI AU Hijaukan Hutan

Please login for commentKomentar
xx
suatu organisasi yang perlu untuk di apresiasi, sangat jarang ada organisasi begini yang memperhatikan penyakit ini
emma
organisasi sosial yg sangat bermanfaat, pastinya akan sangat membantu, terutama bagi masyarakat yg kurang mampu dimana mereka membutuhkan bantuan akibat dr penyakit jantung bawaan yg diderita anaknya
Renny
kasihan nih kalo ada orang yang kena kelaianan jantung, masih bisa bertahan alhamdulillah deh. -r-
sumaryani
wah bagus donk klo masih ada kelompok yang peduli terhadap anak yang punya penyakit jantung bawan.

Event

Seito Trick or Treat Fest29 Oktober 2017 - 29 Oktober 2017
Job Fair Mangga 2 Square24 Oktober 2017 - 25 Oktober 2017
SDGs Walk for Action22 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
Mixing Henna Natural Class22 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
+ index