Peduli Kanker Payudara 

Selasa, 06 November 2018 11:00


(ist)

CSR.id - Setiap tahun pada bulan Oktober dunia memperingati bulan peduli kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month). 


Gerakan yang identik dengan warna pita pink ini telah dimulai sejak tahun 1985 oleh Asosiasi Kanker Amerika (American Cancer Society) dan telah menginspirasi banyak orang untuk semakin peduli dan sadar akan isu kanker payudara .


Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang angka kejadiannya masih sangat tinggi, yaitu menempati urutan kedua setelah kanker paru. Terdapat banyak faktor risiko yang dapat memicu berkembangnya kanker payudara seperti usia lanjut, jenis kelamin khususnya perempuan, genetik (riwayat keluarga yang terkena kanker), paparan hormone estrogen, diet tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik. 


Diluar faktor risiko ini, yang menjadi langkah terpenting dalam pencegahan kanker payudara adalah kesadaran untuk melakukan deteksi dini secara rutin, walaupun belum ada tanda dan gejala kanker payudara yang terlihat. 


Diketahui angka keberlangsungan hidup (survival rate) para penyintas kanker payudara dalam 5 tahun adalah 99 persen jika ditemukan pada stadium I, 88 persen pada stadium II, 55 persen pada stadium III, dan 15 persen pada stadium IV (Cancer Research UK). 


Oleh karena itu, semakin dini kanker payudara terdeteksi, semakain tinggi kesempatan untuk survive. Namun, sayangnya kesadaran deteksi dini masih sangat rendah di Indonesia dibuktikan dengan masih banyaknya kasus kanker payudara yang sudah memasuki stadium lanjut (III dan IV) ketika ditemukan.


Melihat kondisi tersebut maka Indonesia Cancer Care Community (ICCC) turut berbagi dalam kampanye peningkatan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap kanker payudara pada bulan Oktober ini bersama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.


ICCC mengadakan seminar awam yang berjudul “Healthy Living Without Cancer. Say NO, to Breast Cancer” sebagai narasumber dr. Maman Abdurahman, Sp.B(K)Onk (Ketua Paraboi Jawa Barat) di Hotel Holiday Inn Pasteur Bandung, Jalan Dr. Djunjungan No.96 Bandung pada  Minggu (21/10). 


Serangkaian acara digelar pada kampanye ini seperti senam, talk-show, sharing dari penyintas kanker, materi motivasi, dan pemeriksaan kesehatan. (suh) 


 


Berita Terkait
Coca-Cola Berikan Bantuan Kemanusiaan Melalui IFRC dan PMI 
Kegiatan Peduli di Hari Pahlawan  
Adira Finance Mempersembahkan Program CSR Sahabat Lokal
Bantuan untuk Bangkitkan Usaha Skala Mikro 
Rajawali Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Event

+ index